Peluang Leverage dengan Warrant

[Rekan-rekan milis,]

out-of-the-money (OOTM), at-the-money (ATM), dan in-the-money (ITM) menunjukkan tingkat moneyness suatu waran [(warrant)] secara kualitatif, yaitu apakah harga saham induk sekarang ini di bawah, sama dengan, atau di atas harga konversi waran ybs. moneyness sendiri secara sederhana bisa ditaksir sebagai harga saham dibagi dengan harga konversi waran, jadi:

  • waran OOTM moneyness-nya  < 1
  • waran ATM  moneyness-nya  = 1
  • waran ITM  moneyness-nya  > 1

mana [waran] yang potensial naik dan mana yang udah oversold?

ceteris paribus, semua waran itu potensial turun! yaitu sejalan dengan makin dekatnya expiration (jadi kalau ingin memanfaatkan waran untuk tujuan spekulasi, timing cukup penting). barangkali dua parameter berikut ini bisa membantu dalam memutuskan apakah suatu waran fundamentally oversold atau overbought.

pertama, waran cenderung berperilaku sebagai “anak mama”, yaitu mengikuti naik turunnya saham induknya, jadi perlu juga ditanyakan waran mana yang saham induknya masih potensial naik dan mana yang saham induknya udah oversold, dan tentu saja ini bisa ditujukan kepada para [peramal] sakti di milis ini. waran ybs. (terutama yang OOTM) kemudian bisa dimanfaatkan sebagai leverage (alat sewa), misalnya kita mau beli PNBN yang harganya 425 tapi duit nggak cukup, sedangkan mau utang sama mertua malu, maka kita bisa “nyewa” PNBN dengan cara misalnya beli PNBN-W3 yang harganya cuman 145, tapi bisa ikut merasakan naik (dan turun)-nya PNBN dengan efek gain (atau loss) yang boleh jadi tidak kalah hebatnya. tapi ya namanya juga nyewa, ada masa berakhirnya (expiration).

kedua, untuk waran OOTM ada faktor implied volatility (vol) yang tercermin dari harga waran, yang bisa ditafsirkan sebagai ramalan pasar terhadap gejolak (bukan arah lho!) dari harga saham induk di masa depan s.d. expiration. jika gejolak hasil ramalan pasar ini lebih tinggi daripada hasil ramalan para [peramal] sakti di milis ini, bisa saja diartikan bahwa waran tersebut mahal, dan sebaliknya. untuk waran ITM besar/kecilnya premium bisa digunakan sebagai patokan mahal/murahnya waran.

Leave a Comment

Security Code: